Perhitungan Premi Asuransi Jiwa Dwiguna Dibayarkan pada Akhir Tahun Kematian dengan Menggunakan Package Perangkat Lunak R

Yulial Hikmah, Ira Rosianal Hikmah

Abstract


Asuransi adalah usaha kerja sama antara perusahaan asuransi dan nasabah (pihak tertanggung) dimana perusahaan akan memberikan sejumlah dana kepada nasabah pada waktu tertentu sesuai dengan perjanjian sebagai pengganti premi yang dibayar nasabah. Salah satu jenis asuransi adalah asuransi jiwa, yaitu sebuah janji dari perusahaan asuransi (pihak penanggung) kepada nasabahnya (pihak tertanggung) bahwa apabila nasabah mengalami risiko kematian dalam hidupnya maka perusahaan asuransi akan memberikan santunan (manfaat kematian) dengan jumlah tertentu kepada ahli waris dari nasabah tersebut. Perusahaan asuransi jiwa akan menentukan jumlah premi yang harus dibayarkan oleh pihak tertanggung. Banyak perusahaan asuransi yang menggunakan tabel komutasi dalam melakukan perhitungan premi. Selain itu, beberapa buku juga sudah membahas perhitungan premi dengan membuat fungsi terlebih dahulu pada R. Selain membuat fungsi, telah tersedia sekumpulan package untuk mengefisienkan dalam penyelesaian masalah. Salah satu package R dalam bidang asuransi dan aktuaria adalah lifecontingencies yang digunakan untuk mengelola life table dan tabel aktuaria, menggambarkan demografi, dan melakukan perhitungan di bidang keuangan serta matematika aktuaria. Oleh karena itu, penelitian ini membahas bagaimana menghitung premi tahunan pada asuransi jiwa dwiguna n tahun dengan menggunakan tabel komutasi dan package lifecontingencies. Hasil menunjukkan bahwa keduanya menghasilkan jumlah premi yang sama namun dengan keefektifan dan efisiensi yang berbeda. Penggunaan package R lifecontingencies lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan menggunakan tabel komutasi terutama saat ingin melakukan perhitungan premi untuk beberapa nasabah dengan usia yang bervariasi.


References


Abbas, A., & Salim. (1985). Dasar-Dasar Asuransi. Bandung: Tarsito.

Bachyurah, Maulidi, I., Syahrini, I., & Nurmaulidar. (2020). Analisis Cadangan Manfaat dengan Menggunakan Metode Retrospektif pada Asuransi Jiwa Berjangka. STATMAT (Jurnal Statistika dan Matematika), 2(1), 1-13.

Bowers, N., Gerber, H., & Hickman, J. (1997). Actuarial Mathematics. USA: The Society of Actuaries.

Darmawi, H. (2006). Manajemen Asuransi. Jakarta: Bumi Aksara.

Effendie, A. (2015). Matematika Aktuaria dengan Software R. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Fabozzi, F. (1999). Manajemen Investasi. Jakarta: Salemba Empat.

Futami, T. (1993). Matematika Asuransi Jiwa bagian 1. (G. Herliyanto, Penerj.) Tokyo: OLICD Center.

Futami, T. (1994). Matematika Asuransi Jiwa bagian 2. (G. Herliyanto, Penerj.) Tokyo: OLICD Center.

Hasymi, A., & Ali. (1999). Bidang Usaha Asuransi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hendriyanto, F. (2018). Penerapan Model Vasicek pada Premi Bersih Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment). Tugas Akhir, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Spedicato, G. (2019). Financial and Actuarial Mathematics for Life Contingencies. Diambil kembali dari CRAN R: https://cran.r-project.org/web/packages/lifecontingencies/index.html

Thaibah, S., Ruhiyat, & Erliana, W. (2015). Penentuan Premi dan Cadangan Manfaat pada Beberapa Asuransi Jiwa dengan Memperhitungkan Biaya. Tugas Akhir, Institut Pertanian Bogor, Bogor.




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/jvi.v8i2.186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.

View My Stats