Pengaruh Terpaan Informasi di Media Sosial terhadap Sikap Followers (Studi pada Informasi Prostitusi Tentang Seungri Eks Big Bang di Twitter di kalangan Followers @SeungriID)

khairunnisa Devani Aqtus Permana Putri

Abstract


Media sosial merupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk menggali informasi dan berkomunikasi dengan sesama penggunanya. Semakin berkembangnya zaman media sosial menjadi media utama yang digunakan bagi individu untuk memperoleh informasi dari berbagai portal informasi. Salah satunya Korean Pop yang menjadikan Twitter merupakan media penggerak utama Korean Wave. Big Bang salah satunya. Big Bang yang menjadi King of K-Pop tidak menutup kemungkinan akan hadirnya masalah di group mereka. Salah satunya adalah kasus prostitusi yang dilakukan oleh Seungri. Informasi di media sosial dapat membentuk sikap seseorang yang ditimbulkan dari media sosial. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah terpaan informasi di media sosial dengan dimensi frekuensi, durasi dan atensi. Sedangkan variabel sikap mempunyai dimensi kognitif, afektif dan konatif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi. Hasil penelitian ini yang dilakukan adalah adanya pengaruh yang lemah antara terpaan informasi prostitusi tentang Seungri Eks Big Bang di media sosial Twitter terhadap Sikap Followers @SeungriID sebesar 0,235 atau sebesar 23.5%.


References


Buku

Ardianto, E. (2005). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Bandung: Simbioka Rekatama Media.

Azwar, S. (2007). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahri, S., & Zamzam, F. (2015). Model Penelitian berbasis SEM-Amos. Yogyakarta: Deepublish.

Hisyam, M., & Pamungkas, C. (2016). Indonesia, Globalisasi, dan Global Village. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis RIset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Lattimore, D., Baskin, O., Heiman, S. T., & Toth, E. L. (2010). Public Relations: Profesi dan Praktik (Edisi 3). Salemba Humanika: Jakarta.

McLeod, R. (2004). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

McQuail, D. (2010). McQuail's Mass Communication Theory [Sixth Edition]. Great Britain: SAGE Publications Ltd.

Neuman, W. L. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches Seventh Edition. Harlow: Pearson.

Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, A. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

O'Brein, J. (2006). Pengantar Sistem Informasi: Perspektif Bisnis dan Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.

Panorama, M., & Muhajirin. (2017). Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Idea Press.

Reitz, J. M. (2004). Dictionary for Library and Information Science. Westport, Connecticut: Libraries Unlimited.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung: Alfabeta.

Suharyadi, & S.K., P. (2016). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern. Jakarta: Salemba Empat.

Suryatna, U. (2007). Hubungan Karakteristik Pemilih dan Terpaan Informasi Kampanye Politik dengan Perilaku Memilih (Kasus Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur Tahun 2006). Bogor: Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.

Wells, W., Burnett, J., & Moriarty, S. (2009). Advertising Principle and Practice 8th ed. New Jersey: Prentice Hall.

Jurnal

Anasari, N. (2015). Media Sosial sebagai Panggung Drama (Studi Deskriptif Presentasi Diri Pengguna Twitter di Kalangan Mahasiswa Unesa). Paradigma Volume 03 Nomer 03, 1-5.

Donohew, L. (1998). Applications of a Theoretic Model of Information Exposure to Health Interventions. Human Communication Research Volume 24Issue 3, 454-468.

Umniyati, N., Hadisiwi, P., & Suminar, J. R. (2017). Pengaruh Terpaan Informasi Riset Melalui Website www.ppet.lipi.go.id terhadap Sikap Mahasiswa Mengenai Penelitian. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 5, No. 1, 111-120.

WIjayanti, A. A. (2012). Hallyu : Youngsters’ Fanaticism Of Korean Pop Culture (Study of Hallyu Fans in Yogyakarta City). Journal of Sociology. 3 (3), 1-24.

Artikel Online

Haryanto, A. T. (2019, Februari 23). 2018, Tahun Kebangkitan KPop di Twitter. Diambil dari https://inet.detik.com/.

Purnamasari, D. M. (2019, Maret 27). Skandal Seungri Bigbang Bikin Industri K-Pop Rugi USD 538 Juta. Diambil dari https://www.liputan6.com/.

rsa. (2019, Maret 11). Kelompok Penggemar Minta Seungri Didepak dari 'BIGBANG'. Diambil dari https://www.cnnindonesia.com




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/jvi.v8i2.222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.

View My Stats