EVALUASI LAYANAN RESEP RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI: WAKTU TUNGGU DAN KENDALA

Elsa Roselina, Ari Nurfikri, Okta Aulia

Abstract


Waktu tunggu pelayanan resep merupakan salah satu indikator standar pelayanan minimal farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rerata waktu, cakupan kesesuaian, serta mengetahui kendala terkait dengan layanan resep. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan instrumen wooksheet pelayanan resep. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan observasi proses selama layanan resep diberikan. Data diambil pada bulan Maret sampai April 2019 di RS swasta tipe B Propinsi Jawa Barat. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus Slovin dengan nilai toleransi kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 60 resep non-racik dan 60 resep racikan. Penelitian ini menerapkan statistik deskriptif dengan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan rerata waktu layanan resep non-racik adalah 26 menit 58 detik dan 40 menit 14 detik untuk layanan resep racikan. Cakupan kesesuaian waktu layanan berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI sebesar 68% (resep non-racik) dan 92% (resep racikan), sedangkan menurut standar mutu internal rumah sakit sebesar 3% (resep non-racik) dan 15% (resep racikan). Beberapa kendala terjadi saat proses penerimaan resep, pengerjaan resep racikan, penyerahan resep, konfirmasi dokter, dan hari-hari puncak pasien. Penetapan standar mutu internal rumah sakit terkait waktu layanan resep perlu dikaji kembali dan penerapan konsep lean hospital perlu dipertimbangkan.


Kata kunci : Farmasi, resep, mutu


References


Afqary, M., & Wiyanti, D. (2018). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Racikan Poli Spesialis Anak Pasien Bpjs Di Rumah Sakit Medika Dramaga Bogor. Jurnal Farmamedika (Pharmamedica Journal), 3(2), 68–72. https://doi.org/10.47219/ath.v3i2.49

Creswell, J. W. (2017). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran Edisi 4.

Fadhilah, H., Indriyani, D. N., Andriati, R., & Selatan, T. (2018). Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan Tahun 2018. Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan, 41–48.

Faradillah, N., Mukaddas, A., & Diana, K. (2017). Kesesuaian Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Farmasi Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Undata Palu. Natural Science: Journal of Science and Technology, 6(2), 109–115. https://doi.org/10.22487/25411969.2017.v6.i2.8658

Fitriah, N., Ika Faramita, N., & Wiyanto, S. (2016). Penyebab dan Solusi Lama Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 29(3), 245–251. https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2016.029.03.2

Ihsan, M., Kurnia Illahi, R., & Rachma Pramestutie, H. (2018). Hubungan antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan BPJS terhadap Pelayanan Resep (Penelitian dilakukan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang). Pharmaceutical Journal of Indonesia, 3(2), 59–64. https://doi.org/10.21776/ub.pji.2017.003.02.4

Kemenkes RI. (2008). Permenkes : 129/Menkes/SK/II/2008 TENTANG STANDAR PELAYANAN MINIMAL RUMAH SAKIT. Nomor Tambahan Lembaran Negara Nomor 4355 Nomor Tambahan Lembaran Negara Nomor 4400. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Kemenkes RI. (2016). Permenkes RI No. 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit.

Khoirurakhmawati, Y., Fitriasari, N., Rahmatika, F., Iqbal, S., Malang, U. B., & Malang, J. V. (2019). Era BPJS merupakan era rumah sakit melakukan lean manajemen karena sistem pembayaran klaim BPJS menggunakan Pembayaran klaim dilakukan berdasarkan sistem pengelompokan jenis penyakit ( Hakim , Nuswandari and Negoro , 2016 ). Pembayaran dengan sistem INA-C. Jurnal Akuntansi, 10(2), 179–192.

Komsi Akreditasi Rumah Sakit. (2017). Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) Edisi 1 (1st ed.).

Krisnanto, S. H., Wicaksono, P. A., & Rinawati, D. I. (2018). Perancangan Model Layanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit untuk Mengurangi Waktu Antrian pada Pelayanan Obat di Farmasi (Studi Kasus : RSUD Dr.Adhyatama, MPH Kota Semarang). Industrial Engineering Online Journal, 7(1), 1–12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ieoj/article/view/20730

Miftahudin. (2019). Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Universitas Kristen Indonesia Jakarta Tahun 2016. Informatika Kedokteran : Jurnal Ilmiah, 2(1), 16–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35760/medif.2019.v2i1.2293

Muyassaroh, T. I., & Wibowo, M. (2020). Value Stream Mapping (Vsm) Pada Instalasi Rawat Inap Di Rumah Sakit Pembina Kesejahteraan Umat (Pku) Muhammadiyah Gombong. IAKMI Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 1(1), 7–16. https://doi.org/10.46366/ijkmi.1.1.7-16

Nurfikri, A., Rachmawaty, A., & Roselina, E. (2020). Implementation of Electronic Prescription the Outpatient Services of the X Hospital: Evaluation of Readiness Factors. 1st International Conference on Health (ICOH ), Icoh 2019, 103–107. https://doi.org/10.5220/0009567301030107

Nurfikri, A., & Sadinanti, P. (2020). Tingkat Kepatuhan Dokter dalam Menuliskan Resep Berdasarkan Formularium Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Vokasional, 5(4), 253–259. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jkesvo.59393

Purwandari, N., Suryoputro, A., & Arso, S. (2017). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Depo Farmasi Gedung Mceb Rs Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(1), 103–110.

Rusdianah, E. (2017). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan, VII(1), 45–51. http://2trik.jurnalelektronik.com/index.php/2trik/article/view/63/40

Sahlawati, S., & Tamri, T. (2018). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Di Instalasi Farmasi Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Dik Pusdikkes Kodiklat Tni Ad Kramat Jati Jakarta Timur. JUKMAS : Jurnal Untuk Masyarakat Sehat, 2(Vol 2, No 1 (2018): JUKMAS : Jurnal Untuk Masyarakat Sehat), 103–115. https://doi.org/https://doi.org/10.52643/jukmas.v2i1.611

Sari, E. D. M., Wahyuni, K. I., & Anindita, P. L. (2020). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Anwar Medika. Journal Of Pharmacy Sience and Technology, 2(1), 80–87.

Sujoko, A., & Chalidyanto, D. (2015). ANALISIS ANTRIAN PELAYANAN OBAT NON RACIKAN DI INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 3(2), 99–107. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20473/jaki.v3i2.2015.99-107

Suryana, D. (2018). Upaya Menurunkan Waktu Tunggu Obat Pasien Rawat Jalan dengan Analisis Lean Hospital di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS Atma Jaya. Jurnal ARSI, 4(7), 14.

Toreh, E. E., Lolo, W. A., & Datu, O. S. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal ( Spm ) Farmasi Kategori Lama Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Advent Manado Evaluation




DOI: http://dx.doi.org/10.7454/jvi.v9i2.257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License.

View My Stats